Rabu, 09 Oktober 2019

BAB 3 DESAIN PEKERJAAN DAN ANALISIS PEKERJAAN

Nama : Kartika Puspa Sari
NPM  : 23216827
Kelas  : 4EB12


PILIHAN GANDA
1.      Fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasional merupakan pengertian dari ...
a.       Analisis pekerjaan
b.      Desain pekerjaan
c.       Analisis penetapan
d.      Desain komunikasi organisasi
2.      Elemen – elemen organisasi terdiri dari 3 yaitu ...
a.       Elemen organisasional, lingkungan, aturan
b.      Elemen keprilakuan, lingkungan, aturan 
c.       Elemen lingkungan, aturan, organisasional
d.      Elemen organisasional, keprilakuan, lingkungan
3.      Menepatkan orang yang tepat pada suatu pekerjaan tertentu, sesuai dengan kemampuan,keahlian dan pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan yaitu pengertian ...
a.       Analisis pekerjaan
b.      Desain pekerjaan
c.       Analisis penetapan
d.      Desain komunikasi organisasi
4.      Memberikan kepuasan pada diri tenaga kerja merupakan salah satu tujuan dari analisis pekerjaan menurut ...
a.       Sastrosuwito
b.      Sastrohadiwirjo
c.       Sastrohardiwijoyo
d.      Sastromungkino
5.      Jenis analisis pekerjaan ada 2 yaitu ...
a.       Traditional job dan modern job
b.      Oriented job dan fake off job
c.       Traditional job dan oriented job
d.      Modern job dan fake off job

ESSAY
1.      Jelaskan Trade off apa yang kemungknan akan dihadapi oleh para perancang pekerjaan?
Jawab :
o   Produktivitas vs spesialisasi: Tambahan spesialisasi akan menaikkan output sampai  pada titik tertentu, apabila ada kenaikan spesialisasi maka output mengalami penurunan, karena adanya kebosanan atas pelaksanaan tugas yang terus menerus. Output dapat ditingkatkan dengan mengurangi spesialisasi pekerjaan.
o   Kepuasan kerja vs spesialisasi:  Kepuasan kerja akan meningkat sejalan dengan
kenaikan spesialisasi, dan tambahan tambahan spesialisasi mengakibatkan kepuasan kerja akan menurun. Pekerjaan tanpa spesialisasi membuat karyawan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari pekerjaan tersebut sampai mampu untuk melakukannya. Kepuasan kerja akan menurun karena kurangnya otonomi, variasi dan identitas tugas. Produktivitas terus naik bile kebaikan spesialisasi lebih besar daripada kelemahan akibat ketidakpuasan.
o    Proses belajar versus spesialisasi: Pekerjaan yang sangat terspesialisasi lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan pekerjaan yang tidak terspesialisasi. Proses belajar pada pekerjaan yang terspesialisasi lebih cepat mencapai standar (ditunjukkan oleh garis putus-putus). Pekerjaan yang tidak terspesialisasi memerlukan waktu lebih lama untuk dipelajari.
o    Perputaran karyawan versus spesialisasi: Spesialisasi pekerjaan dapat dengan mudah dan cepat dipelajari, tapi biasanya kepuasan yang diperoleh lebih rendah, kepuasan yang rendah ini akan menyebabkan tingkat perputaran tenaga keda tinggi (turn over manpower).

2.      Pertimbangan apa saja yang diperlukan desain pekerjaan dalam elemen keprilakuan ?
Jawab :
·         Otonomi yang berarti mempunyai tanggung jawab atas apa dilakukan.
·         Variasi yang apabila kurangnya variasi pekerjaan maka akan menimbulkan    kebosanan, selanjutnya menimbulkan kelelahan sehingga timbul kesalahan-kesalahan
·         Identitas tugas, bila pekerjaan tidak mempunyai identitas menimbulkan karyawan  kurang tanggung jawab atau kurang puas atas hasil pekerjaannya
·         Umpan balik, bila pekerjan memberikan umpan balik atas seberapa baik pekerjaan maka karyawan termotivasi untuk melaksanakan dengan baik

3.      Tindakan apa saja yang diperlukan oleh manajemen SDM untuk mencapai tujuan yang didasarkan pada informasi analisis pekerjaan ?
Jawab :
Ø  Evaluasi peran lingkungan terhadap pekerjaan individu.
Ø  Kaji  kembali kemungkinan ada persyaratan kerja yang usang.
Ø  Ciptakan peraturan yang dapat menguntugkan semua pihak.
Ø  Rancang kebutuhan SDM masa depan.
Ø  Sesuaikan antara jumlah pelamar dan pekerjaan yang tersedia.
Ø  Rancang kebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan baru maupun karyawan yang sudah berpengalaman.
Ø  Rancang rencana pengembangan potensi karyawan.
Ø  Tentukan standar kerja/prestasi yang realistis.
Ø  Penempatan karyawan hendaknya sesuai dengan minatnya.
Ø  Penempatan karyawan sesuai dengan ahlinya.
Ø  Berikan kompensasi secara wajar.

4.       Sebutkan sistem klasifikasi untuk semua pekerjaan ?
Jawab ;
·         Masukan informasi, Dimana dan bagaimana si pekerja memperoleh informasi yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan.
·         Proses-proses mental, Pertimbangan apa yang ditekankan dalam pembuatan keputusan, perencanaan dan aktivitas-aktivitas proses informasi apa yang dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan.
·         Output pekerjaan, Aktivitas-aktivitas fisik apa yang dilakukan oleh para pekerja, dan alat-alat apa yang dipakai oleh para pekerja?
·         Relasi dengan orang, Relasi dengan orang lain yang bagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan pekerjaan?
·         Konteks pekerjaan, Dalam konteks fisik dan social apa pekerjaan dilaksanakan?
·         Metode-metode kerja, Metode-metode atau teknik-teknik apa yang digunakan untuk pelaksanaan pekerjaan?
·         Ciri-ciri pekerja, Ciri-ciri kepribadian atau kemampuan-kemampuan apa yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan?

5.      Sebutkan langkah-langkah utama dalam analisis pekerjaan ?
Jawab :
v  Tentukan lebih dulu tugas-tugas pokok yang harus ada dalam jabatan itu, termasuk didalamnya perilaku dan aktivitas yang melekat pada jabatan itu.
v  Mengidentifikasi knowledge, abilities, skills, dan other characteristics (KASOCs) yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas itu.
-           Knowledge berarti seperangkat informasi yang ada di dalam prosedur yang harus diterapkan dalam pekerjaan itu.
-           Abilities berarti kompetensi untuk menghasilkan hasil yang bisa diamati. Misalnya: kemampuan seorang pengetik yang baik adalah menghasilkan ketikan yang rapi dan tidak banyak salahnya.
-           Skill berarti kompetensi untuk melakukan tindakan yang bisa dipelajari, baik yang sifatnya motorik, verbal, manual, atau melakukan pengolahan mental yang menyangkut data, orang atau barang.
-           Other characteristics meliputi faktor kepribadian, sikap, atau watak yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Laporan analisa jabatan untuk seorang perwira patroli jalan raya mungkin berupa pengetahuan hukum, komunikasi lisan yang baik, kemampuan menyopir yang trampil, dan keterandalan untuk melaksanakan tugasnya dengan cukup baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 13 PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

Nama : Kartika Puspa Sari NPM : 23216827 Kelas : 4EB12 PILIHAN GANDA 1.       Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah pengakhiran hubun...