Jumat, 11 Oktober 2019

BAB 11 KEPUASAAN KERJA

Nama : Kartika Puspa Sari
NPM : 23216827
Kelas : 4EB12



PILIHAN GANDA
1.      Kepuasan kerja adalah seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan atau tidaknya pekerjaan mereka merupakan pengertian menurut ...
a.       David dan Newstrom
b.      David dan Anna
c.       Davis dan Anna
d.      Davis dan Newstrom
2.      Ada teori kepuasan kerja yaitu ...
a.       Two Factor Theory
b.      Value Theory
c.       Benar semua
d.      Salah semua
3.      Teori ini menganjurkan bahwa kepuasan dan ketidakpuasan merupakan bagian dari kelompok variabel yang berbeda yaitu motivators dan hygiene factors merupakan penjelasan dari teori ...
a.       Two Factor Theory
b.      Value Theory
c.       Variabel Theory
d.      Ekonomic Theory
4.      Kepuasan merupakan hasil dari persepsi pekerjaan memberikan pemenuhan nilai kerja individual yang penting, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasaan kerja yaitu ...
a.       Need fullfitment
b.      Discereparenties
c.       Value attaintment
d.      Equity
5.      Teori kepuasan kerja ini terjadi pada tingkatan dimana hasil pekerjaan diterima individu seperti diharapkan merupakan penjelasan dari ...
a.       Two Factor Theory
b.      Value Theory
c.       Variabel Theory
d.      Ekonomic Theory

ESSAY
1.      Apa itu kepuasan kerja ?
Jawab : Kepuasan kerja adalah sikap yang positif dari tenaga kerja meliputi perasaan dan tingkah laku terhadap pekerjaannya melalui penilaian salah satu pekerjaan sebagai rasa menghargai dalam mencapai salah satu nilai-nilai penting pekerjaan.

2.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja ?
Jawab :
Ø  Pemenuhan kebutuhan (Need fulfillment)
Ø  Perbedaan (Discrepancies)
Ø  Pencapaian nilai (Value attainment)
Ø  Keadilan (Equity)
Ø  Komponen genetik (Genetic components)

3.      Sebutkan korelasi kepuasan kerja ?
Jawab :
·         Motivasi
·         Pelibatan Kerja
·         Organizational citizenship behavior
·         Organizational commitment
·         Ketidakhadiran (Absenteisme)
·         Perputaran (Turnover)
·         Perasaan stress
·         Prestasi kerja/kinerja

4.      Apa saja yang menjadi pengaruh kepuasan kerja ?
Jawab :
·         Terhadap Produktivitas
Orang berpendapat bahwa produktivitas dapat dinaikkan dengan meningkatkan kepuasan kerja. Kepuasan kerja mungkin merupakan akibat dari produktivitas atau sebaliknya. Produktivitas yang tinggi menyebabkan peningkatan dari kepuasan kerja hanya jika tenaga kerja mempersepsikan bahwa apa yang telah dicapai perusahaan sesuai dengan apa yang mereka terima (gaji/upah) yaitu adil dan wajar serta diasosiasikan dengan performa kerja yang unggul. Dengan kata lain bahwa performansi kerja menunjukkan tingkat kepuasan kerja seorang pekerja, karena perusahaan dapat mengetahui aspek-aspek pekerjaan dari tingkat keberhasilan yang diharapkan.
·         Ketidakhadiran (Absenteisme)
Ketidakhadiran sifatnya lebih spontan dan kurang mencerminkan ketidakpuasan kerja. Tidak adanya hubungan antara kepuasan kerja dengan ketidakhadiran. Karena ada dua faktor dalam perilaku hadir yaitu motivasi untuk hadir dan kemampuan untuk hadir.
·         Keluarnya Pekerja (Turnover)
Berhenti atau keluar dari pekerjaan mempunyai akibat ekonomis yang besar, maka besar kemungkinannya berhubungan dengan ketidakpuasan kerja. Ketidakpuasan kerja pada pekerja dapat diungkapkan dalam berbagai cara misalnya selain dengan meninggalkan pekerjaan, mengeluh, membangkang, mencuri barang milik perusahaan/organisasi, menghindari sebagian tanggung jawab pekerjaan mereka dan lainnya.

5.      Bagaimana cara meningkatkan kepuasan kerja ?
Jawab :
Ø  Melakukan perubahan struktur kerja
Ø  Melakukan perubahan struktur pembayaran
Ø  Pemberian jadwal kerja yang fleksibel
Ø  Mengadakan program yang mendukung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 13 PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

Nama : Kartika Puspa Sari NPM : 23216827 Kelas : 4EB12 PILIHAN GANDA 1.       Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah pengakhiran hubun...