Rabu, 09 Oktober 2019

BAB 6 LATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

Nama : Kartika Puspa Sari
NPM : 23216827
Kelas : 4EB12 

PILIHAN GANDA
1.      Keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan merupakan pengertian dari pelatihan kerja menurut ...
a.       Undang-undang No.13 Tahun 2003 pasal I ayat 9
b.      Undang-undang No.13 Tahun 2003 pasal I ayat 8
c.       Undang-undang No.13 Tahun 2003 pasal I ayat 6
d.      Undang-undang No.13 Tahun 2003 pasal I ayat 5
2.      Penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang lebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi pendidikan merupakan pengertian dari ...
a.       Seleksi
b.      Pelatihan
c.       Penempatan
d.      Pengembangan
3.      Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini merupakan tujuan dari ..
a.       Seleksi
b.      Pelatihan
c.       Penempatan
d.      Pengembangan
4.      Teknik pelatihan dan pengembangan yaitu ...
a.       Benar semua
b.      Salah semua
c.       On the job training and off the job training
d.      Practice the job training and theory of the job training
5.      Metode yang digunakan dalam penugasan sementara yaitu, kecuali ...
a.       Metode studi kasus
b.      Kuliah
c.       Komperensi
d.      Prestasi

ESSAY
1.      Sebutkan tujuan dari pelatihan SDM ?
Jawab :
·         Memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi.
·         Melalui pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
·         Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
·         Membantu memecahkan persoalan operasional.
·         Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi

2.      Apa perbedaan tujuan antara pelatihan dan pengembangan SDM ?
Jawab :
·         Tujuan pelatihan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini. Sasaran: Peningkatan kinerja jangka pendek. Orientasi: Kebutuhan jabatan sekarang. Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan karir relatif rendah.
·         Tujuan pengembangan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan yang akan datang. Sasaran: Peningkatan kinerja jangka panjang. Orientasi: Kebutuhan perubahan terencana atau tidak terencana. Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan karir relatif tinggi

3.      Sebutkan dan jelaskan jenis pelatihan dan pengembangan SDM ?
Jawab :
Ø  Pelatihan dan Pengembangan Keahlian.
Pelatihan keahlian (skils training) merupakan pelatihan yang sering di jumpai dalam organisasi. program pelatihaannya relatif sederhana: kebutuhan atau kekuragan diidentifikasi rnelalui penilaian yang jeli. kriteria penilalan efekifitas pelatihan juga berdasarkan pada sasaran yang diidentifikasi dalam tahap penilaian.
Ø  Pelatihan dan Pengembangan Ulang.
Pelatihan ulang (retraining) adalah subset pelatihan keahilan. Pelatihan ulang berupaya memberikan kepada para karyawan keahlian-keahlian yang mereka butuhkan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah. Seperti tenaga kerja instansi pendidikan yang biasanya bekerja rnenggunakan mesin ketik manual mungkin harus dilatih dengan mesin computer atau akses internet
Ø  Pelatihan dan Pengembangan Lintas Fungsional.
Pelatihan lintas fungsional (cros fungtional training) melibatkan pelatihan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain dan pekerjan yang ditugaskan.
Ø  Pelatihan dan Pengembangan Tim.
Pelatihan tim merupakan bekerjasarna terdiri dari sekelompok Individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.
Ø  Pelatihan dan Pengembangans Kreatifitas.
Pelatihan kreatifitas(creativitas training) berlandaskan pada asumsi hahwa kreativitas dapat dipelajari. Maksudnya tenaga kerja diberikan peluang untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin yang berdasar pada penilaian rasional

4.      Apa saja manfaat yang didapat setelah adanya pelatihan dan pengembangan ?
Jawab :
ü  Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
ü  Mengurangi waktu belajar yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar kinerja yang dapat diterima
ü  Membentuk sikap, loyalitas, dan kerjasama yang lebih menguntungkan.
ü  Memenuhi kebutuhan perencanaan semberdaya manusia
ü  Mengurangi frekuensi dan biaya kecelakaan kerja

5.      Sebutkan prinsip – prinsip umum bagi metode pelatihan dan pengembangan ?
Jawab :
·         Memotivasi para peserta pelatihan.
·         Memperlihatkan ketrampilan-ketrampilan.
·         Harus konsisten dangan isi pelatihan.
·         Peserta berpartisipasi aktif.
·         Memberikan kesempatan untuk perluasan ketrampilan.
·         Memberikan feedback.
·         Mendorong dari hasil pelatihan ke pekerjaan.
·         Harus efektif dari segi biaya.
·         Evaluasi efektifitas program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 13 PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

Nama : Kartika Puspa Sari NPM : 23216827 Kelas : 4EB12 PILIHAN GANDA 1.       Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah pengakhiran hubun...