Nama : Kartika Puspa Sari
NPM : 23216827
Kelas : 4EB12
PILIHAN GANDA
1.
Keseluruhan kegiatan untuk memberi,
memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas,
disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu
sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan merupakan pengertian
dari pelatihan kerja menurut ...
a.
Undang-undang No.13 Tahun
2003 pasal I ayat 9
b.
Undang-undang No.13 Tahun
2003 pasal I ayat 8
c.
Undang-undang No.13 Tahun
2003 pasal I ayat 6
d.
Undang-undang No.13 Tahun
2003 pasal I ayat 5
2. Penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang
berbeda atau yang lebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau
instansi pendidikan merupakan pengertian dari ...
a.
Seleksi
b.
Pelatihan
c.
Penempatan
d.
Pengembangan
3. Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan
jabatan saat ini merupakan tujuan dari ..
a.
Seleksi
b.
Pelatihan
c.
Penempatan
d.
Pengembangan
4. Teknik pelatihan dan pengembangan yaitu ...
a.
Benar semua
b.
Salah semua
c.
On the
job training and off the job training
d.
Practice the job
training and theory of the job training
5.
Metode yang
digunakan dalam penugasan sementara yaitu, kecuali ...
a.
Metode studi
kasus
b.
Kuliah
c.
Komperensi
d.
Prestasi
ESSAY
1. Sebutkan tujuan dari pelatihan SDM ?
Jawab :
·
Memutakhirkan keahlian seorang
individu sejalan dengan perubahan teknologi.
·
Melalui pelatihan, pelatih
(trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan
teknologi-teknologi baru.
·
Mengurangi waktu belajar
seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
·
Membantu memecahkan persoalan
operasional.
·
Mengorientasikan setiap
individu terhadap organisasi
2. Apa perbedaan tujuan antara pelatihan dan
pengembangan SDM ?
Jawab :
·
Tujuan
pelatihan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini.
Sasaran: Peningkatan kinerja jangka pendek. Orientasi: Kebutuhan
jabatan sekarang. Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan karir
relatif rendah.
·
Tujuan
pengembangan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan yang akan
datang. Sasaran: Peningkatan kinerja jangka panjang. Orientasi: Kebutuhan
perubahan terencana atau tidak terencana. Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan
karir relatif tinggi
3. Sebutkan dan jelaskan jenis pelatihan dan
pengembangan SDM ?
Jawab :
Ø
Pelatihan
dan Pengembangan Keahlian.
Pelatihan
keahlian (skils training) merupakan pelatihan yang sering di jumpai dalam
organisasi. program pelatihaannya relatif sederhana: kebutuhan atau kekuragan
diidentifikasi rnelalui penilaian yang jeli. kriteria penilalan efekifitas
pelatihan juga berdasarkan pada sasaran yang diidentifikasi dalam tahap penilaian.
Ø
Pelatihan
dan Pengembangan Ulang.
Pelatihan
ulang (retraining) adalah subset pelatihan keahilan. Pelatihan ulang berupaya
memberikan kepada para karyawan keahlian-keahlian yang mereka butuhkan untuk
menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah. Seperti tenaga kerja instansi
pendidikan yang biasanya bekerja rnenggunakan mesin ketik manual mungkin harus
dilatih dengan mesin computer atau akses internet
Ø
Pelatihan
dan Pengembangan Lintas Fungsional.
Pelatihan
lintas fungsional (cros fungtional training) melibatkan pelatihan karyawan
untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain dan pekerjan yang
ditugaskan.
Ø
Pelatihan
dan Pengembangan Tim.
Pelatihan tim
merupakan bekerjasarna terdiri dari sekelompok Individu untuk menyelesaikan
pekerjaan demi tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.
Ø
Pelatihan
dan Pengembangans Kreatifitas.
Pelatihan
kreatifitas(creativitas training) berlandaskan pada asumsi hahwa kreativitas
dapat dipelajari. Maksudnya tenaga kerja diberikan peluang untuk mengeluarkan
gagasan sebebas mungkin yang berdasar pada penilaian rasional
4. Apa saja manfaat yang didapat setelah adanya
pelatihan dan pengembangan ?
Jawab :
ü
Meningkatkan
kuantitas dan kualitas produktivitas
ü
Mengurangi
waktu belajar yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar kinerja yang
dapat diterima
ü
Membentuk
sikap, loyalitas, dan kerjasama yang lebih menguntungkan.
ü
Memenuhi
kebutuhan perencanaan semberdaya manusia
ü
Mengurangi
frekuensi dan biaya kecelakaan kerja
5. Sebutkan prinsip – prinsip umum bagi metode
pelatihan dan pengembangan ?
Jawab :
·
Memotivasi
para peserta pelatihan.
·
Memperlihatkan
ketrampilan-ketrampilan.
·
Harus
konsisten dangan isi pelatihan.
·
Peserta
berpartisipasi aktif.
·
Memberikan
kesempatan untuk perluasan ketrampilan.
·
Memberikan
feedback.
·
Mendorong
dari hasil pelatihan ke pekerjaan.
·
Harus
efektif dari segi biaya.
·
Evaluasi
efektifitas program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar